3 PILAR KHAS

SMA TarunaMu menggunakan kurikulum nasional yang terintegrasi dengan kurikulum ketarunaan. Oleh karena itu, SMA TarunaMu memiliki kekhasan yang disebut 3 (tiga) pilar khas. Berikut ini penjelasannya.

KEMANDIRIAN
Mengedepankan karakter mandiri adalah salah satu pilar khas di SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring. Boarding school atau biasa kita sebut dengan sekolah asrama adalah sistem pendidikan yang mewajibkan siswanya tinggal di asrama selama mengikuti pendidikan di sekolah tersebut. Dengan sistem boarding school atau sekolah berasrama, siswa dituntut untuk menjadi pribadi yang mandiri dan cekatan. Siswa diajarkan untuk memperoleh sesuatu dibutuhkan kerja keras dan usaha. Terbiasa melakukan apa-apa sendiri membuat siswa cenderung percaya diri dan berani menjalani hidupnya. Apabila kemandirian sudah menjadi jiwa, karakter akan terbentuk dengan mudah karena pola hidup siswa menjadi tertata dan teratur. Boarding school memiliki aturan yang tersusun secara sistematis agar karakter yang diharapkan dapat tercapai.
KEAGAMAAN
Pentingnya keseimbangan menjadi manusia selain berilmu adalah pemahaman terhadap agama yang kuat. Pemahaman Alquran dengan metode Manhaji dan menekankan penggunaan 3 (tiga) bahasa, yakni bahasa Jawa, bahasa Inggris, dan bahasa Arab. Himpunan Putusan Tarjih (HPT) menjadi materi wajib yang diajarkan di SMA TarunaMu. Adapun materi yang disampaikan dalam HPT adalah fiqih, akidah, ibadah, dan materi agama secara global dan kontemporer. Hampir di semua aktivitas terintegrasi dengan Alquran. Tak lupa juga pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari. Model pembinaan keagamaan yang ada adalah pencapaian akhlak yang mulia. Pembinaan keagamaan tidak cukup dilakukan hanya dalam kegiatan belajar mengajar dalam kelas, tetapi dibutuhkan pembinaan-pembinaan di luar jam pelajaran. Oleh karena itu, konsep boarding school SMA Taruna Muhammadiyah tentu sangat mendukung apa yang diharapkan. Misalnya, siswa dibiasakan untuk salat fardhu berjamaah, salat sunnah, dan salat malam. Adapun, kajian islami dan tahfidz setelah salat maghrib. Target yang bisa dicapai siswa berupa hafalan 5 juz dalam Alquran. Kurikulum yang digunakan pun tak lupa menggunakan kurikulum kemuhammadiyahan. Siswa pun dapat berdiskusi dengan ustaz tentang keagamaan. Semakin dalam kamu mengenali agamamu, semakin dekat pula kamu dengan Tuhanmu.
AKADEMIK
Program studi yang ditawarkan pada tahun pelajaran 2019/2020 di SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring adalah MIPA dan IIS. Kurikulum yang diterapkan di SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring adalah kurikulum nasional (kurikulum 2013) dan diperkuat dengan memadukan kurikulum ketarunaan. Kurikulum nasional dilaksanakan untuk memenuhi standar yang diwajibkan oleh pemerintah, sedangkan kurikulum ketarunaan diterapkan untuk membentuk siswa menjadi calon pemimpin yang tahan banting. Semua ini dilakukan agar terciptanya generasi emas untuk menjadi calon pemimpin yang berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara.